Senin, 30 Agustus 2010

PlayStation 3 (bahasa Jepang: プレイステーション 3, Pureisutēshon San, merek dagang: PLAYSTATION 3, disingkat PS3) adalah konsol Sony generasi ketiga. PlayStation 3 merupakan penerus dari PlayStation dan PlayStation 2. Konsol ini bersaing dengan Xbox 360 dari Microsoft dan Wii dari Nintendo.

PlayStation 3 dirilis di Jepang pada tanggal 11 November 2006 tepat pukul tujuh, dan dirilis pada tanggal 17 November 2006 di Amerika Utara (Amerika Serikat dan Kanada), Hong Kong dan Taiwan, dan 1 atau 7 Maret 2007 di Eropa dan Australasia, dan wilayah PAL lainnya. PlayStation 3 dirilis dengan 2 tipe, Basic dan Premium/Platinum. PlayStation 3 secara resmi diperkenalkan kepada dunia pada tanggal 16 Mei 2005 di E3. Konfigurasi final pertama dipertunjukkan di TGS (Tokyo Game Show) 2006.

Teknologi terbaru yang digunakan adalah cell processor-nya, tipe prosesor yang benar-benar dioptimalkan untuk melakukan operasi floating point. Berbeda dengan prosesor desktop pada umumnya, kemampuan cell processor PlayStation 3 untuk melakukan operasi floating point sangat baik. Kemampuan cell processor untuk melakukan operasi floating point sangat baik karena cell processor merupakan arsitektur vector processor. Bahkan prosesor yang digunakan pada PlayStation 3 ini merupakan prosesor yang tercanggih saat ini. Selain itu GPU dibuat sendiri oleh Sony yang bekerjasama dengan NVidia.

Berdasarkan konfigurasi mesin

  • Versi PlayStation 3 Premium (60 GB) termasuk 60 GB Serial ATA 2.5" harddisk, konektivitas Wi-Fi, dan pembaca kartu memori (SD, Memory Stick Pro Duo, dan Flash memory), dan kosmetik warna perak pada pinggiran PlayStation 3.
  • Versi PlayStation 3 Basic (20 GB) termasuk 20 GB Serial ATA 2.5" harddisk, tetapi fitur Wi-Fi dan pembaca kartu memori ditiadakan. Hard disk dapat diganti atau di-upgrade dan fitur pembaca kartu memori dapat ditambahkan dengan membeli pembaca memori USB, tetapi konektivitas Wi-Fi untuk sementara ini tidak dapat ditambahkan. Sony mengumumkan bahwa versi 20 GB tidak akan diproduksi lagi.[1]
  • Versi PlayStation 3 40 GB Dipersiapkan sebagai paket pengganti 20 GB yang telah dipastikan tidak diproduksi lagi.Dengan desain lebih eksklusif (garis silver), dan mendukung fitur Wi-Fi. Kelemahannya, paket ini tidak menyertakan fitur Backward Compatibility yang membuatnya kehilangan kemampuan untuk memainkan permainan PlayStation 2 dan PlayStation. Kekurangannya yang lain yaitu slot USB hanya 2, Berbeda dengan 20 GB yang menyertakan sampai 4 slot.Juga tidak memiliki Multi Memory Card Port, dan dukungan SACD.
  • Versi PlayStation 3 80 GB Paket terbaru dan paling eksklusif yang dimiliki Sony saat ini.Dipersiapkan sebagai pengganti dari paket 60 GB yang tinggal menghabiskan sisa produksi.Menyertakan fitur paling lengkap dengan harga paling mahal.Tawaran utamanya adalah kapasitas HDD 80 GB yang disertakan, plus Backward Compatibility untuk memainkan permainan lama. Masalahnya, mesin ini mengalami beberapa gangguan saat memainkan beberapa permainan lama (tidak sebagus paket 60 GB)

Catatan: Pada awalnya versi 20 GB tidak mendapatkan port HDMI, tetapi ketika Sony Computer Entertainment mengumumkan harga baru yang lebih murah untuk PlayStation 3 20 GB (hanya di Jepang), mereka mengumumkan bahwa sekarang, versi Basic juga akan mendapatkan port HDMI, untuk kualitas gambar yang lebih bagus di televisi keluaran baru.

[sunting] Berdasarkan negara/daerah, PlayStation 3 dirilis, disertai tanggal rilis

  • Versi Jepang (NTSC-J, 100 Volt, 20 GB dan 60 GB) - Versi ini untuk dirilis di Jepang pada tanggal 11 November 2006. Dirilis oleh Sony Computer Entertainment Inc, Japan (SCEI/SCEJ)
  • Versi Amerika (NTSC-U/S, 110 Volt, 20 GB dan 60 GB) - Versi ini dirilis di Amerika Serikat dan Kanada pada tanggal 17 November 2006 (dan kemungkinan Meksiko pada kuartal pertama tahun 2007). Dirlis oleh Sony Computer Entertainment America (SCEA)
  • Versi Eropa dan Australasia (PAL, 220 - 240 Volt, hanya 60 GB saat rilis) - Versi ini dirilis di negara Uni-Eropa (termasuk Inggris Raya), Australia, Selandia Baru, dan negara-negara yang menggunakan sistem televisi PAL. Rumor beredar, bahwa rilis di negara-negara tersebut, pada tanggal 1 atau 7 Maret 2007. Pada awalnya, tanggal rilis Eropa sama dengan tanggal rilis Amerika. Tetapi karena ada kekurangan dioda Blu-ray, pada tanggal 6 September 2006, Sony mengumumkan bahwa tanggal rilis Eropa diubah menjadi Maret 2007. Dirilis oleh Sony Computer Entertainment Europe (SCEE)
  • Versi Asia (NTSC-J atau NTSC-C atau PAL, 100 Volt - 240 Volt, 20 GB dan 60 GB) - Versi ini dirilis di Hong Kong dan Taiwan pada tanggal 17 November 2006 (hanya sekirat 1000 unit PlayStation 3 di Hong Kong, dan 500 PlayStation 3 di Taiwan. Kemungkinan akan dirilis di negara-negara yang berada di wilayah wewenang Sony Computer Entertainment Asia, seperti Korea, Tiongkok, Taiwan, Hong Kong, Malaysia, Thailand, Singapura). Indonesia tidak termasuk dalam wilayah wewenang SCE Asia.

Catatan: Walaupun aliran listrik di Jepang adalah 100 Volt, pengguna dari Inggris, yang membeli di Jepang telah melaporkan di salah satu forum Amerika bahwa PlayStation 3 mereka dapat dijalankan di Inggris tanpa bantuan power transformer.

Fitur PlayStation 3
Fitur Basic Premium
Hard Disk (dapat diupgrade) Ya, 20 GB Tidak, 60 GB (namun ada tambahan slot)
Blu-ray ODD drive Ya Ya
Port HDMI Ya Ya
Joystik Bluetooth Ya Ya
Warna Perak sepuhan Tidak Ya
Wi-Fi Tidak Ya
Pembaca Kartu Memori Tidak Ya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar